• Sabtu, 8 Oktober 2022

Budaya Jam Karet Bangsa Indonesia

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 17:00 WIB
Budaya Jam Karet Bangsa Indonesia (https://vectorgrove.com/search?phrase=username%3Ariedjal)
Budaya Jam Karet Bangsa Indonesia (https://vectorgrove.com/search?phrase=username%3Ariedjal)

IndoRakyat.com - Telat adalah tepat waktu
Di Indonesia, tidak jarang orang datang terlambat ke rapat atau acara lainnya. Bahkan, terlambat sering dianggap sebagai waktu baru. Norma budaya ini dapat dikaitkan dengan sejumlah faktor, termasuk sikap santai negara dan kurangnya ketepatan waktu.

Indonesia adalah negara yang sangat santai, dan sikap santai ini meluas ke konsep waktunya. Orang-orang di sini tidak begitu peduli dengan ketepatan waktu seperti di bagian lain dunia. Pendekatan santai untuk ketepatan waktu ini berarti bahwa orang sering terlambat untuk membuat janji atau rapat.

Meskipun ini mungkin membuat frustasi bagi mereka yang terbiasa dengan jadwal yang ketat, penting untuk diingat bahwa terlambat tidak dianggap tidak sopan di Indonesia. Bahkan, ini sering dianggap sebagai hal yang sangat-sangat normal.

Baca Juga: Kenapa Budaya Antri Sulit Diterapkan di Masyarakat Indonesia

Kenapa budaya telat diterima secara sosial
Orang Indonesia memang terkenal suka telat. Ini karena Indonesia adalah negara yang sangat santai dan orang-orang di sini tidak suka terburu-buru. Dalam budaya Indonesia, datang tepat waktu ke suatu acara dianggap tidak sopan. Lebih baik datang terlambat agar tidak perlu menunggu tamu lain datang.

Norma budaya ini dapat membingungkan bagi orang asing yang terbiasa dengan ketepatan waktu. Namun, penting untuk diingat bahwa di Indonesia, waktu tidak sepenting hubungan. Jadi, jika Anda diundang ke suatu acara, jangan khawatir jika Anda terlambat – tamu lain akan mengerti.

Dampak budaya suka terlambat: bagaimana pengaruhnya terhadap produktivitas kerja dan interaksi sosial
Bukan hal yang aneh bagi orang Indonesia untuk terlambat bekerja atau berkumpul. Bahkan, datang tepat waktu dianggap tidak sopan. Norma budaya ini dapat berdampak negatif pada produktivitas dan interaksi sosial.

Jika Anda terus-menerus terlambat, Anda akan kehilangan tenggat waktu dan peluang penting. Hal ini dapat menyebabkan bisnis yang hilang dan hubungan yang rusak. Menjadi tepat waktu adalah kunci sukses dalam pengaturan profesional apa pun.

Baca Juga: Melatih Kedisiplinan Sedari Kecil

Halaman:

Editor: Ahmad Daniyal Fanani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gebrakan Baru Mobil Listrik Wuling Untuk Pasar Indonesia

Minggu, 11 September 2022 | 21:01 WIB

Aksara Kawi masuk Unicode PANDI

Kamis, 8 September 2022 | 11:57 WIB

Anjing mengendarai mobil! apa mungkin.......

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 16:22 WIB

Masa Depan Virtual Reality di Dunia Komunikasi

Minggu, 21 Agustus 2022 | 01:10 WIB

Masa Depan Virtual Reality di Dunia Pendidikan

Minggu, 21 Agustus 2022 | 01:05 WIB
X