• Sabtu, 8 Oktober 2022

Indonesia dikabarkan tolak Tambahan Kuota Haji karena Dananya digunakan Infrastruktur, Cek Faktanya

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 21:34 WIB
Ilustrasi Ibadah Haji/Youtube (Youtube.com)
Ilustrasi Ibadah Haji/Youtube (Youtube.com)

 

Ada satu isu besar kembali menimpa Pemerintah Indonesia yang mengatakan Indonesia menolak tambahan kuota haji tahun 2022 dikarenakan dana haji yang tersimpan sudah dipergunakan untuk membangun infrastruktur negara yang bersifat mendesak.

Namun saat berita ini ditelusuri secara faktual seperti dikutip dari Antara, yakni kabar burung/ isu tentang pemerintah Indonesia menolak kuota tambahan ibadah haji Indonesia karena dananya sudah habis adalah hoaks.

Informasi hoaks tersebut telah diunggahdi Twitter pada 4 Agustus 2022 lalu. Sang Pemilik akun menyebutkan bahwa anggaran dari ibadah haji Indonesia akan digunakan untuk membangun infrastruktur.

Nah ini gambaran narasi lengkap unggahan pemilik akun :

"Biaya haji sekarang sepertinya sudah dirampok rezim, lho kok dirampok? "Iya karena Arab Saudi mau menambah kuota haji kok ditolak katanya alasan dananya habis. Lho kok habis kan jamaahnya sudah pada bayar. Maaf dipake bangun infrastruktur duitnya belum pulang."

Baca Juga ; Eks Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo Ditahan, bukan karena Terlibat dalam Kematian Brigadir J, Tapi karena ini

Dari kabar burung itu, dijelaskan bahwa pemerintah Indonesia memang menolak 10.000 tambahan kuota haji di tahun 2022 dari pemerintah Arab Saudi, hal ini dikarenakan soal keterbatasan waktu.

Penjelasan ini dilakukan langsung oleh pihak Kementerian Agama dalam website resmi Kementerian Agama. Yang menjelaskan bahwa pemerintah Arab Saudi,saat itu baru memberikan tambahan kuota haji khusus Indonesia  pada tanggal 21 Juni atau H-18 jelang Idul Adha.

Di sisi lain, seperti dilansir pikiran rakyat, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Hilman Latief menjelaskan, pemerintah Indonesia memang tidak bisa menindaklanjuti penambahan kuota haji dari pemerintah Arab Saudi karena hanya diperuntukkan untuk haji reguler.

Halaman:

Editor: Hendri Wijaya

Sumber: Pikiran rakyat.com

Tags

Terkini

Ini deretan Luka Lesti Kejora setela Visum ....

Kamis, 6 Oktober 2022 | 12:38 WIB

Tragedi Kanjuruhan Polri datangkan Kompolnas

Selasa, 4 Oktober 2022 | 05:30 WIB

Mahfud MD: Bjorka itu nggak ada apa-apanya, Benarkah?

Rabu, 28 September 2022 | 05:20 WIB

Viral Pencurian Tas di Kolam Renang ini Pelakunya.....

Selasa, 27 September 2022 | 05:40 WIB

Prof Samekto Wibowo Dimakamkan di Klaten Jawa Tengah

Senin, 26 September 2022 | 20:51 WIB
X