• Sabtu, 8 Oktober 2022

Melatih Kedisiplinan Sedari Kecil

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 07:45 WIB
Melatih Kedisiplinan Sedari Kecil (https://unsplash.com/@kerenfedida)
Melatih Kedisiplinan Sedari Kecil (https://unsplash.com/@kerenfedida)

IndoRakyat.com - Disiplin adalah salah satu hal terpenting yang dapat diajarkan orang tua kepada anak-anaknya. Ini membantu anak-anak belajar pengendalian diri dan bagaimana berperilaku tepat dalam situasi yang berbeda. Mengajarkan disiplin pada usia muda dapat membantu mencegah masalah di kemudian hari.

Ada banyak manfaat mengajarkan disiplin kepada anak-anak. Salah satu yang paling penting adalah membantu mereka belajar bagaimana mengendalikan perilaku mereka sendiri. Jika anak-anak belajar bagaimana berperilaku sejak dini, mereka cenderung tidak mendapat masalah seiring bertambahnya usia. Disiplin juga dapat membantu anak tetap fokus dan mencapai tujuan. Ketika anak-anak tahu bagaimana berpegang pada rencana dan tetap di jalur, mereka lebih mungkin berhasil dalam hidup.

Manfaat lain dari mengajarkan disiplin adalah dapat membantu mengurangi tingkat stres baik bagi orang tua maupun anak.

Baca Juga: Guru Harus Lakukan Ini Agar Disukai Siswanya, Dan Tujuan Pembelajaran Dapat Tersampaikan Dengan Baik

Tetapkan aturan dan konsekuensinya
Banyak orang tua merasa perlu menetapkan aturan dan konsekuensi bagi anak-anak mereka untuk melatih disiplin. Beritahu mereka apa aturan yang benar, dan apa konsekuensinya jika melanggarnya.

Salah satu hal terpenting yang harus diingat orang tua adalah bahwa aturan yang berbeda akan berlaku untuk keluarga yang berbeda. Apa yang cocok untuk satu keluarga mungkin tidak cocok untuk yang lain. Orang tua harus duduk dan berbicara tentang apa yang mereka rasa penting, dan kemudian membuat daftar aturan yang disetujui kedua orang tua.

Penting juga untuk berdiskusi dengan anak-anak Anda tentang aturannya. Jelaskan mengapa aturan itu ada, dan apa yang akan terjadi jika dilanggar. Pastikan untuk menindaklanjuti dengan konsekuensi jika anak Anda melanggar aturan.

Puji perilaku yang baik
Penguatan positif adalah salah satu alat paling efektif yang dimiliki orang tua dan pengasuh untuk mendorong perilaku baik pada anak kecil. Ini juga sederhana – pujilah anak Anda ketika mereka melakukan sesuatu yang baik, dan beri mereka pelukan atau tepukan di punggungnya. Jenis dorongan ini membantu anak-anak merasa baik tentang diri mereka sendiri, dan membuat mereka lebih mungkin untuk mengulangi perilaku yang diinginkan di masa depan.

Mungkin sulit bagi beberapa orang tua untuk menahan diri dari hukuman negatif seperti memukul, tetapi penting untuk diingat bahwa hukuman tidak mengajarkan anak bagaimana berperilaku – itu hanya membuat mereka takut mendapat masalah. Pujian adalah alat yang jauh lebih efektif untuk mengajari anak-anak perbedaan antara benar dan salah.

Halaman:

Editor: Ahmad Daniyal Fanani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Membuat Desain Dengan Canva Web Gratis

Jumat, 7 Oktober 2022 | 11:05 WIB

Temukan Pesan Spiritual melalui botol ini...

Minggu, 18 September 2022 | 05:00 WIB

Mewujudkan Impian dengan memilih Kristal Favorit Anda

Minggu, 18 September 2022 | 05:00 WIB

Manfaat Grafologi pada kehidupan sehari-hari

Selasa, 13 September 2022 | 12:22 WIB

dua metode Grafologi yang harus kamu tau?

Selasa, 13 September 2022 | 12:03 WIB

Sentuhan Psikologi dalam Grafologi bagian 2

Sabtu, 10 September 2022 | 07:00 WIB

Sentuhan Psikologi dalam Grafologi bagian 1

Sabtu, 10 September 2022 | 07:00 WIB

Sejarah Grafologi yang harus kamu tau ?

Jumat, 9 September 2022 | 15:47 WIB

SPBU di Tuban di bakar usai kenaikan harga BBM..

Kamis, 8 September 2022 | 11:43 WIB

Kapan hari olahraga Nasional....

Kamis, 8 September 2022 | 11:17 WIB

Harga Beras Cabai Mulai Mahal Ikuti Kenaikan Harga BBM

Selasa, 6 September 2022 | 16:12 WIB
X