• Jumat, 12 Agustus 2022

Katanya ... Lolos Seleksi Calon Guru Penggerak Dapat Dana Puluhan Juta Rupiah

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 19:52 WIB
Calon Guru Penggerak Tangkapan Layar/portal guru penggerak
Calon Guru Penggerak Tangkapan Layar/portal guru penggerak

Indorakyat.com - Pendidikan Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan Pendampingan selama 6 bulan bagi calon Guru Penggerak. Selama program, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru.

Apa saja persyaratan untuk mengikuti Pendidikan Guru Penggerak?

  1. Guru Pegawai Negeri Sipil atau PNS maupun non PNS baik dari sekolah negeri maupun sekolah swasta.
  2. Memiliki akun guru di Data Pokok Pendidikan atau Dapodik.
  3. Memiliki kualitas pengelaman minimal mengajar selama 5 tahun.
  4. Memiliki kualifikasi pendidikan minimla S1 ataupun D4.
  5. Memiliki masa sisa mengajar tidak kurang dari 10 tahun.
  6. Memiliki keinginan kuat menjadi guru penggerak.
  7. Tidak sedang mengikuti kegiatan diklat CPNS, PPG atau kegiatan lain yang dilaksanakan secara bersamaan dengan proses rekrutmen dan pendidikan guru penggerak.
  8. Tidak sedang proses rekrutmen kepala sekolah penggerak, pelatih ahli atau fasilitator sekolah penggerak atau sedang menjalankan tugas sebagai kepala sekolah penggerak, pelatih ahli atau fasilitator sekolah penggerak pada program sekolah penggerak.
  9. Tidak sedang menjadi instruktur, pelatih lapang, pengawas lapang pasa program organisasi penggerak.

Baca Juga: Google Pixel 3a Rekomendasi HP Bekas Harga 1 Jutaan Dengan Kualitas Setara Iphone

Banyak beredar berita yang menyebutkan bahwa guru yang sudah lolos seleksi pendidikan guru penggerak atau yang biasa disebut dengan Calon Guru Penggerak atau CGP, akan mendapatkan uang pendidikan sebesar puluhan juta rupiah?

Seperti yang diceritakan salah seorang CGP dalam perjalanan Calon Guru Penggerak yang ditulis di blog pribadinya Masanto.

Perjalanan Calon Guru Penggerak Angkatan 3 khususnya di Kabupaten Klaten resmi dimulai pada tanggal 7 Agustus 2021 dengan dimulainya kegiatan Lokakarya Perdana atau disebut juga Lokakarya 0 meskipun pembukaan secara resmi secara nasional baru akan dilakukan tanggal 12 Agustus 2021 oleh Mas menteri. Karena masih suasana pandemi dan PPKM maka untuk lokakarya perdana ini dilaksanakan secara daring dengan menghadirkan Kepala Dinas Pendidikan, Pengawas Sekolah dan Kepala Sekolah serta tentunya pihak penyelenggara yaitu P4TK Matematika Yogyakarta.

Baca Juga: Sakit Gigi Dijamin Sembuh Tanpa Obat Hanya Dengan Cari Ini
Pendidikan Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan Pendampingan selama 6 bulan bagi calon Guru Penggerak. Selama program, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru.

Banyak Informasi yang kami dapatkan di lokakaryai perdana ini diantaranya adalah apa yang harus di lakukan oleh Calon Guru Penggeraka (CGP), dan hak-hak kami sebagai guru penggerak.

Kegiatan utama dari Pendidikan Guru Penggerak ini adalah setiap hari harus mengikuti seluruh tahapan pembelajaran melalui LMS, Diskusi virtual melalui Google Meet , webinar dengan menghadirkan tokoh-tokoh sebagai nara sumber, dan lokakarya yang akan dilakukan setiap bulan sekali secara luring (jika kondisi memungkinkan).

Halaman:

Editor: Sriyanto

Tags

Terkini

Tidak Lagi jadi Pemalas

Jumat, 12 Agustus 2022 | 09:25 WIB

Kok Suka Bohong

Jumat, 12 Agustus 2022 | 08:55 WIB

Overthinking

Jumat, 12 Agustus 2022 | 08:20 WIB

Tips Mengatasi Anak Kecil Yang Tantrum

Jumat, 12 Agustus 2022 | 07:52 WIB

Berhentilah Terus Menyalahkan Diri Sendiri

Jumat, 12 Agustus 2022 | 07:32 WIB

Berhentilah Menyalahkan Orang Lain

Jumat, 12 Agustus 2022 | 07:08 WIB

Kiat Berhenti Suka Membuat Alasan

Kamis, 11 Agustus 2022 | 22:12 WIB
X