• Jumat, 12 Agustus 2022

Guru Harus Lakukan Ini Agar Disukai Siswanya, Dan Tujuan Pembelajaran Dapat Tersampaikan Dengan Baik

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 19:28 WIB
Gambar Ilustrasi Guru Mengajar / pixabay
Gambar Ilustrasi Guru Mengajar / pixabay

indorakyat.com - Pandemi yang melanda negeri masih membekas khususnya di bidang pendidikan, semangat belajar siswa belum sepenuhnya pulih. Jika guru hanya mengandalkan materi dari buku teks mungkin siswa masih malas untuk menikutinya karena sudah bosan dan sudah lama dininabobokan dengan pembelajaran daring.

Tidak sepenuhnya hal ini adalah kesalahan siswa yang malas belajar atau bosan dengan pembelajaran yang diberikan guru bisa jadi kesalahan malah terletak pada guru karena belum bisa menyajikan pembelajaran yang menyenangkan yang sesuai harapan siswa. Lalu apa yang sebaiknya dilakukan oleh guru untuk mengembalikan semangat siswa dalam belajar?

Baca Juga: Rekomendasi Aneka Twibbon Tema HUT Kemerdekaan RI Ke 77 Tahun 2022


Jika melihat pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang pendidikan dan pengajaran untuk anak-anak dan remaja seharusnya dibentuk berdasarkan keinginan dan potensi dari masing-masing siswa. Ki Hajar Dewantara memperkenalkan sistem pendidikan sekolah yang bertumpu pada tiga gagasan utama yaitu taman Siswa, pamong, dan among. Taman siswa dapat diartikan sebagai tempat bermain yang menghadirkan kegembiraan dan keindahan untuk siswa. Pada gagasan taman siswa; siswa/pelajar diberikan kemerdekaan untuk tumbuh dan berkembang, belajar sesuai keinginan (minat) dan kemampuan (bakat) mereka.

Baca Juga: Kelebihan Hyundai Stargazer Dibanding Rivalnya Xpander Avanza Dan Xenia

Kemerdekaan belajar, tumbuh dan berkembang sesuai minat dan bakat ini selayaknya diberikan oleh guru/pengajar sesuai kebutuhan masing-masing siswa secara individual. Among adalah gagasan yang menitik beratkan siswa sebagai target utama dalam pendidikan dan pengajaran. Siswa adalah yang utama untuk dilayani dan guru/pengajar berfungsi sebagai fasilitator, menyediakan tuntunan kepedulian, dan kasih sayang kepada semua siswa. Prinsip Among didasarkan atas dua hal, yaitu kemerdekaan siswa untuk belajar dan belajar yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan siswa yang secara natural (alami).

Dalam sistem among, guru/pengajar memiliki tiga fungsi utama yaitu apabila dia di depan maka harus menjadi teladan atau contoh yang baik bagi para siswa. Apabila guru/pengajar ditengah maka dia harus menjadi pembimbing/pemberi motivasi/pemberi semangat, dan menciptakan suasan kondusif dalam pendidikan dan pengajaran. Apabila guru/pengajar di belakang maka dia harus bisa mendorong dan mampu memberikan dukungan moral kepada siswa.

Baca Juga: Pilot Citilink Meninggal Saat Bertugas Penumpang Panik


Sudah saatnya guru harus berpikir keras untuk menciptakan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk menyajikan pembelajaran yang menyenangkan sesuai yang diharapkan siswa dengan memanfaatkan aplikasi pada smartphone yang dimiliki siswa. Guru tidak harus menciptakan aplikasi sendiri tetapi bisa memanfaatkan aplikasi yang sudah terinstal di smartphone dan banyak digunakan siswa sebagai media pembelajaran.

Halaman:

Editor: Sriyanto

Tags

Terkini

Tidak Lagi jadi Pemalas

Jumat, 12 Agustus 2022 | 09:25 WIB

Kok Suka Bohong

Jumat, 12 Agustus 2022 | 08:55 WIB

Overthinking

Jumat, 12 Agustus 2022 | 08:20 WIB

Tips Mengatasi Anak Kecil Yang Tantrum

Jumat, 12 Agustus 2022 | 07:52 WIB

Berhentilah Terus Menyalahkan Diri Sendiri

Jumat, 12 Agustus 2022 | 07:32 WIB

Berhentilah Menyalahkan Orang Lain

Jumat, 12 Agustus 2022 | 07:08 WIB

Kiat Berhenti Suka Membuat Alasan

Kamis, 11 Agustus 2022 | 22:12 WIB
X